Bagaimana Hukum Qurban dalam Islam?

Hukum Qurban Dalam Islam

Kurban merupakan salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara menyembelih hewan kurban setelah melaksanakan sholat Idul Adha. Masih banyak yang belum mengetahui bagaimana hukum qurban dalam Islam itu. Sehingga banyak yang seharusnya bisa menjalankan ibadah kurban tetapi belum melaksanakannya.
Banyak para ulama berpendapat tentang hukum qurban. Ada yang mengatakan wajib dan ada yang mengatakan hukumnya sunnah. Menurut sebagian ulama mengatakan bahwa hukum qurban dalam Islam itu sunnah muakkad. Tetapi, bagi umat Islam yang merasa mampu dan mudah menunaikannya tidak disarankan untuk meninggalkannya. Hukumnya sunnah jika dijalankan mendapat pahala dan jika ditinggalkan pun tidak berdosa. Namun, bagi yang memiliki kamampuan dan kemudahan dilarang untuk meninggalkannya. Hal ini karena jika yang mampu meninggalkan maka akan kehilangan keutamaan pahala dari ibadah sunnah. Pahala ibadah sunnah akan mendampingi selalu pahala ibadah wajibnya. Saat Ibadah Idul Adha ini, berkurban tentu menjadi pahala yang besar beserta amalan-amalan baiknya. Kurban hanya dilaksanakan sekali setahun, cara pelaksanaannya pun mudah dan sederhana. Sehingga jika ibadah ini ditinggalkan maka akan sangat disayangkan dan tidak akan mendapatkan keutamaan pahala sunnah.
Hukum berkurban walaupun sunnah sebaiknya tidak ditinggalkan. Bila mampu untuk melakukannya dan memiliki kelapangan untuk menunaikannya maka hendaknya tetap melaksanakan ibadah kurban. Hal ini karena ibadah kurban memiliki banyak manfaat bagi berbagai pihak. Bagi pekurban akan mendatangkan pahala berkurban dan akan menjadi tabungan di akhirat sebagai catatan amalan baik karena telah berkurban setiap tahunnya. Sedangkan bagi penerima kurban akan menciptakan kebahagiaan dalam diri mereka karena dapat mengkonsumsi daging walaupun hanya setahun sekali.
Hukum qurban dalam Islam tidak terlepasa dari pendapat para ulama dan dalil-dalil yang ada. Kurban yang wajib dilakukan biasanya adalah bagian dari nadzar yang harus dijalankan. Sehingga kurban menjadi wajib hukumnya untuk dijalankan disamping hukum qurban yang sebenarnya adalah sunnah.

Bagi Anda yang sudah memiliki kemampuan dan kelapangan hendaklah berkurban. Berkurban tidak akan menjadikan Anda merugi malah akan mendatangkan pahala yang bermanfaat bagi tabungan akhirat. Walaupun hukumnya adalah sunnah muakkad tetapi akan sangat bermanfaat bila dijalankan di setiap tahunnya. Apalagi sudah dikatakan bagi yang mampu dan memiliki kelapangan sangat dianjurkan untuk melaksanakannya. Anda bisa menunaikan ibadah kurban yang sangat sederhana ini dengan bantuan kurban online. Anda bisa berkurban dimana pun dan kapan pun tanpa harus membuang waktu dan tenaga Anda untuk menganteri membeli hewan ternak untuk dikurbankan. Mengingat hukum qurban dalam Islam yang sangat dianjurkan. Anda bisa memilih ukuran, bobot dan harganya di www.globalqurban.com dan melakukan pembayaran melalui bank yang sudah bermitra dengan Global Qurban. Sehingga dengan cara yang lebih mudah ini Anda bisa tetap berkurban. 
Previous
Next Post »