Belajar dan Berkarya Berkat Tanoto Foundation


BelajarTanoto Foundation

    Dunia pendidikan memiliki arti penting bagi Indonesia di masa depan. Dalam bidang ini, para pemuda bisa belajar sekaligus berkarya. Inilah yang diperlihatkan oleh Muhammad Taufik Hidayat, salah satu penerima beasiswa Tanoto Foundation dari Institut Teknologi Bandung.

    Taufik lahir di Jakarta pada 23 Desember 1993. Ia merupakan salah satu pemuda yang berprestasi. Pencapaian akademiknya di sekolah sudah bagus sejak dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Selama itu, Taufik tidak pernah terlempar dari posisi lima besar sama sekali. Bahkan, bangku SMA hanya dilaluinya dalam dua tahun karena masuk program akselerasi.
 
    Secara khusus, Taufik memiliki ketertarikan dalam Ilmu Pengetahuan Alam, terutama Fisika. Ia bahkan sempat mengikuti Olimpiade Sains Nasional hingga babak penyisihan di Jakarta. Jurusan Teknik Fisika pula yang dipilihnya ketika mendapat kesempatan kuliah di Institut Teknologi Bandung lewat jalur undangan siswa berprestasi.
 
    Kuliah di bidang yang digemari membuat Taufik tidak sekadar belajar. Ia mampu berkarya dengan melakukan beberapa penelitian. Hasil risetnya sempat beberapa kali memenangi perlombaan tingkat nasional.
 
    Akan tetapi, Taufik terkendala masalah klasik dunia pendidikan Indonesia. Keluarganya terbilang pas-pasan dari segi ekonomi. Itu membuat orang tuanya mulai kesulitan membiayai kuliah Taufik. Terlebih adik Taufik ada yang berkebutuhan khusus sehingga membutuhkan pembiayaan ekstra.
 
    Beruntung Taufik mengetahui ada informasi tentang beasiswa Tanoto Foundation. Ia pun segera mendaftar dan mengikuti semua tahapan seleksi. Taufik diterima sebagai Tanoto Scholar, sebutan untuk penerima beasiswa Tanoto Foundation. Taufik kini bisa tetap meneruskan kuliahnya karena mendapat dukungan finansial dari yayasan yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto tersebut.
 
    Seperti itulah misi Tanoto Foundation berkiprah di dunia pendidikan. Mereka tahu persis bahwa Indonesia di masa depan sangat tergantung terhadap kualitas pemudanya. Untuk itu, pendidikan sangat penting. Namun, banyak yang terkendala masalah finansial sehingga beasiswa sangat dibutuhkan. Maka, sejak 2006, Tanoto Foundation rutin membuka beasiswa yang sampai sekarang sudah dinikmati oleh lebih dari 6.700 murid dan mahasiswa.
 
    Penerima beasiswa seperti Taufik tidak hanya mendapatkan dukungan finansial belaka. Kapasitas dan soft skill mereka juga dikembangkan. Inilah yang membuat Taufik bertambah senang.
 
    “Saya mendapat referensi dari kakak angkatan kalau Tanoto Foundation itu bagus. Ternyata benar. Sebagai Tanoto Scholar, saya juga mendapat dukungan pelatihan untuk peningkatan soft skill. Saya juga didorong untuk berbagi dengan masyarakat melalui berbagai kegiatan sosial,” ujar Taufik.
 
    Tanoto Foundation memang tidak sekadar membantu dari segi keuangan. Mereka ingin mendidik para Tanoto Scholars sebagai calon pemimpin bangsa yang bisa membawa masa depan bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik.
 
    “Para penerima beasiswa Tanoto Foundation terpilih bukan hanya karena mereka memiliki nilai akademis yang baik, tapi juga karena memiliki potensi menjadi pemimpin masa depan Indonesia,” ujar Anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation, Anderson Tanoto.
 
    Kegiatan Tanoto Foundation pula yang membuat Taufik bisa berkarya selain belajar. Lewat Tanoto Student Research Award 2015, ia mampu menciptakan sebuah alat yang mampu mendeteksi inefisiensi listrik pada bangunan.

    Sosok-sosok seperti Taufik inilah yang diperlukan Indonesia di masa depan.
Previous
Next Post »