Tepung Kelapa Indonesia Yang Sudah Mendunia

tepung kelapa

Indonesia dikenal memiliki sumber daya alam yang melimpah, termasuk sumber bahan makanan yang bervariasi. salah satu bahan makanan Indonesia yang diminati oleh pihak luar negeri adalah Tepung Kelapa, seperti yang luamsa.com kutip dari CNN berikut.
 Tepung kelapa Indonesia ternyata banyak diminati masyarakat luar negeri khususnya Selandia Baru. Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kini mengekspor tepung kelapa ke Selandia Baru pada awal 2017 ini.

"Memasuki tahun 2017 ini permintaan tepung kelapa dari Selandia Baru terus berdatangan," kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara T. Hasudungan Siregar di Manado, Senin (16/1) dikutip dari Antara.

Siregar mengungkapkan jumlah ekspor tepung kelapa ke Negeri Kiwi di awal tahun ini cukup besar. Jumlah ekspornya mencapai 12,7 ton dan menghasilkan devisa sebesar US$22.961 atau lebih dari Rp300 juta.

Dikatakan Siregar, Selandia Baru merupakan salah satu pasar utama ekspor tepung kelapa dari Sulawesi Utara.

Dia juga mengungkapkan bahwa selama ini angka ekspor Sulut dikatakan cukup baik, namun sayangnya negara tujuannya masih sedikit.

Tepung kelapa sendiri adalah tepung halus yang terbuat dari parutan daging kelapa yang sudah diambil santannya. Tepung ini biasa digunakan sebagai pengganti tepung gandum.

Tepung kelapa memiliki tampilan selayaknya tepung terigu. Tepung ini memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya 100 persen bebas gluten sehingga aman bagi yang menderita alergi terhadap gluten.

Selain itu tepung ini dikenal tinggi akan serat sekitar 58 persen lebih tinggi dibanding serat yang ada di tepung terigu. Karena tingginya serat ini, diyakini menggunakan tepung kelapa dapat membantu seseorang menurunkan berat badan.

Hampir seluruh resep kue cocok menggunakan tepung kelapa, terutama kue dengan cara dipanggang. Tepung ini juga biasa digunakan untuk mengentalkan sup atau semur.
Previous
Next Post »